Minggu, 29 Januari 2012

EFEKTIVITAS PEMBERIAN KOMPRES HANGAT DAERAH DINDING PERUT (ABDOMEN) DAN DAERAH VENA BESAR TERHADAP PENURUNAN SUHU TUBUH PADA KLIEN FEBRIS DI RSUD PAMEKASAN

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1       Latar belakang
Kompres panas dan dingin merupakan metode untuk menurunkan suhu tubuh (Barbara R Hegner, 2003). Sesuai dengan reseptor suhu tubuh bagian dalam, maka penurunan suhu tubuh dengan pendinginan dapat dilakukan pada bagian Hypotalamus, medula spinalis, organ dalam abdomen dan di sekitar vena-vena besar (Artur C.Guyton,1997). Selama ini yang sering dijumpai dalam perawatan pada klien dengan peningkatan suhu dilakukan hanya dengan pemberian kompres pada daerah tubuh yang memiliki aliran vena besar, seperti leher, ketiak (Axila) dan inguinal (lipatan paha). Dimana sebelumnya, dilakukan dengan pemberian kompres pada daerah dahi/kepala (Nancy Roper,1988). Organ intra abdomen merupakan reseptor yang lebih peka terhadap suhu dingin (Artur C Gayton). Sedangkan daerah vena besar, dirasakan cukup efektif karena adanya proses vasodilatasi dengan pemberian kompres hangat untuk menurunkan suhu tubuh.  
1
 
Dirumah sakit Pamekasan sesuai hasil studi pendahuluan yang telah peneliti lakukan pada tanggal 23 – 28 Agustus 2004, bahwasanya hampir tidak ada perawat yang mengenal/melakukan pemberian kompres pada daerah dinding perut. Dari 35 orang perawat, 51% perawat menjawab selama ini memberikan kompres pada daerah ketiak/leher sebagai daerah vena besar dan 49% perawat memberikan didaerah dahi/kepala dengan alasan daerah reseptor hypothalamus. Dampak dari seringnya intervensi pada peningkatan suhu dengan kompres pada daerah sekitar vena  besar, perawat tidak dapat mengetahui bagaimana hasil perbandingan jika dilakukan dengan pengompresan pada daerah dinding abdomen. Penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya hanyalah perbandingan antara pemberian kompres hangat dan dingin (Sosilo Haryanto 2002), bukan membandingkan tempat pengompresan. Hasil penelitian tersebut kompres hangat lebih efektif daripada pemberian kompres dingin. Sehingga dalam penelitian ini, peneliti juga menggunakan kompres hangat sebagai perlakuan. Dari kelima reseptor suhu yang ada, selain hypothalamus dan vena besar, belum pernah dilakukan penelitian untuk mengetahui reseptor mana yang memiliki efektifitas lebih baik. Sehingga selama ini masih sering dijumpai para perawat hanya melakukan kompres didaerah lipatan -lipatan tubuh sebagai tempat vena-vena besar.
Kondisi ini disebabkan karena selama ini perawat kurang merasakan sebagai suatu kebutuhan, sehingga kurang termotivasi untuk melakukan penelitian tentang intervensi alternative pemberian kompres dalam menurunkan suhu tubuh. Menurut Stanford (1970) bahwa kebutuhan muncul karena adanya sesuatu yang kurang dirasakan oleh orang  tersebut. 
Dengan dilakukannya penelitian ini nantinya diharapkan dapat diketahui kompres pada daerah dinding abdomen apakah lebih efektif dari daerah vena besar yang selama ini dilakukan karena merupakan salah satu reseptor suhu dan terjadi vasodilatasi pada saat pemberian kompres. Dimana organ intra abdomen juga merupakan reseptor suhu yang lebih sensitif terhadap suhu dingin. Kandungan jaringan lemak pada daerah abdomen sangat mempengaruhi proses konduksi panas dari dalam kepermukaan kulit (A.C.Guyton, 1997).
1.2       Rumusan masalah
1.2.1    Pertanyaan masalah
Apakah pemberian kompres hangat pada daerah dinding abdomen lebih efektif daripada  pemberian kompres pada daerah vena-vena besar ?

1.3       Tujuan penelitian
1.3.1 Tujuan umum
Untuk menentukan perbedaan efektifitas pemberian kompres hangat pada daerah vena besar dan pemberian kompres hangat daerah dinding abdomen pada klien febris di RSUD Pamekasan.
1.3.2 Tujuan khusus
1.   Mengidentifikasi derajat penurunan suhu tubuh dengan pemberian kompres hangat daerah dinding perut
2.   Mengidentifikasi derajat penurunan suhu tubuh dengan pemberian kompres hangat daerah vena besar.
3.   Mengidentifikasi efektifitas kompres hangat pada daerah dinding perut dan daerah vena besar/ketiak.

1.4              Manfaat penelitian
1.4.1    Praktis
1.      Hasil dari penelitian ini dapat dapat diajukan kepada pihak komite keperawatan sebagai protap dalam asuhan keperawatan klien dengan masalah peningkatan suhu tubuh.
2.      Sebagai alternative dalam pemberian intervensi keperawatan yang lebih efektif untuk menurunkan suhu tubuh.
1.4.2    Teoritis
1.  Sebagai data dasar/tambahan dalam penelitian lebih lanjut yang berhubungan   dengan mekanisme suhu tubuh.




















Artikel Terkait:




Artikel Terkait:




Artikel Terkait:


1 komentar:

  1. assalamu alaikum wr wb.salam kenal saya mahasiswa keperawatan smtr akhir sedang menyusun skripsi,dan saya tertarik dengan judul :efektivitas kompers hangat pada dinding perut,.mungkin mas bayu bisa bantu .klo bisa dengan filenya ya!

    BalasHapus